Koneksi yang cepat merupakan idaman bagi semua orang. Bagaimana pun dengan koneksi yang cepat membuat kita bersemangat berselancar di internet. Coba saja bayangkan kalau internet lemot mau buka foto di facebook aja lama banget keliatannya, pasti bikin Anda kesal kan?Bagi anda yang suka browsing tentunya penggunaan internet menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Apalagi jika hal tersebut menyangkut pekerjaan. Misal untuk cek email, update blog, mencari informasi dan lain sebagainya. Jika koneksi internet anda sudah broadband, 3G dan sekelasnya mungkin tidak terlalu bermasalah (bukan berarti tidak ada masalah sama sekali lho…). Namun jika koneksi internet anda masih menggunakan dial up apalagi masih menggunakan GPRS dari HP sebagai modemnya, anda terpaksa harus sedikit bersabar dengan koneksi internet yang “lemot” bagaikan bekicot heeeeee………. Kita bisa meminimalkan agar koneksi internet tidak terlalu lambat banget. Sebenarnya ada banyak tool/applikasi yang bisa dipakai untuk mempercepat koneksi internet baik yang gratisan atau yang berbayar seperti Speed ConnectInternet Accelerator, web accelerator, ashampho internet accelerator, fosSpeedconsole dll.
Dibawah ini adalah beberapa trik atau tips cara mempercepat koneksi internet yang bisa dicoba buat kamu yang ingin memperoleh bandwith lebih untuk di optimalkan dari koneksi kamu, baik itu dari modem CDMA atau GSM, maupun dari broadband macam.
1.Mempercepat koneksi internet dengan gpedit. Secara default, Windows menyisakan 20% dari total bandwith yang tersedia untuk update sistem operasi dan QoS. Ini membuat kita “hanya” memakai 80% dari total bandwith yang tersedia. Walau Microsoft menjelaskan bahwa Limit Reservable Bandwidth itu tidak mengganggu bandwith real, namun setiap kita menyalakan komputer, maka bandwith kita akan mengakses update microsoft untuk mencari patch atau update terbaru, yang jelas menyedot bandwith kita. Untuk menghilangkan Limit Reservable Bandwidth, maka kita bisa merubahnya lewat :
Start -> Run -> ketik gpedit.msc -> Local Computer Policy -> Computer
Configuration -> Administrative Templates -> Network -> QOS Packet Scheduler -> Limit Reservable Bandwidth -> Pilih enable ->rubah bandwidh limit jd 0%
2. Mempercepat koneksi internet dengan DNS cache. DNS Cache adalah menyimpan histori atau cache dari situs yang pernah kita kunjungi, sehingga saat kita membukanya kembali tidak lagi mendownload dari internet, tapi dari internal komputer kita yang tentunya akan lebih mempercepat browsing. Untuk mengaktifkan DNS Cache, maka salinlah kode berikut di notepad dan simpan file tersebut dengan nama bebas seperti dnscache.reg kemudian jalankan :
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
“CacheHashTableBucketSize”=dword:00000001
“CacheHashTableSize”=dword:00000180
“MaxCacheEntryTtlLimit”=dword:0000fa00
“MaxSOACacheEntryTtlLimit”=dword:0000012d
3. Tweak registry yang ada di komputer kita (tanpa software).
Caranya :
Klik menu Start > Run
Pada kotak dialog Run ketikkan regedit, lalu klik OK.
Run
Sekarang kita cari alamat registry ini : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Current ControlSet\Services\Tcpip\ServiceProvider.
Setelah kita berada di direktori ServiceProvider ubah nilai-nilai dibawah ini semuanya menjadi 1.
DnsPriority=1
HostsPriority=1
LocalPriority=1
NetbtPriority=1
Tutup registry restart komputer.
Nah dengat trik Cara Mempercepat Koneksi Internet mudah-mudahan internetan Anda semakin menyenangkan. Selamat mencoba!
0 Komentar untuk "Tips mempercepat koneksi internet anda"